Home » » Efek Negatif Mengkonsusmsi Minuman Bersoda Kalau Berlebihan

Efek Negatif Mengkonsusmsi Minuman Bersoda Kalau Berlebihan


dhealova88 -  Minuman bersoda dengan berbagai mereknya telah banyak beredar di Indonesia. Walaupun bukan sebagai konsumsi sehari-hari, minuman bersoda biasa disajikan ketika mengadakan acara. Contohnya saja jika hari raya Idul Fitri maka minuman bersoda biasa tersaji untuk menyambut para tamu. Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa mengkonsumsiminuman bersoda secara berlebih dapat memberi efek negatif ke tubuh. Tapi apa saja bahaya minuman bersoda ini dan zat berbahaya apa sih yang terkandung dalam minuman bersoda. Berikut ulasannya.
Minuman bersoda mengandung pemanis buatan , pewarna buatan, kafein, dan asam fosfat. Berbagai kandungan ini disinyalir dapat membahayakan ginjal. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat bahwa mereka yang mengkonsumsi minuman bersoda minimal 2 kali sehari sebanyak 30 persen mengalami kerusakan ginjal dan fungsinya. Pasti tahu kan fungsi ginjal sebagai penyaring racun, jadi sangat bahaya sekali jika sampai ginjal kita rusak.
Minuman bersoda juga berbahaya bagi para penderita diabetes, karena minuman bersoda mengandung gula yang tinggi. Bahkan bagi anda yang normal juga berpotensi terkena diabetes karena mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebih. Diabetes tidak hanya karena factor keturunan, jadi orang normal pun bisa terkena diabetes.
Minuman bersoda juga mengandung kalori yang besar. Mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebih juga disinyalir dapat menyebabkan obesitas. Ingat obesitas juga dapat menjadi pemicu penyakit-penyakit serius lainnya seperti diabetes, stroke, kerusakan jantung koroner, dan berbagai penyakit serius lainnya.
Kandungan asam fosfat pada minuman bersoda ternyata juga dapat menyebabkan tulang rapuh. Hal ini dikuatkan oleh penelitian Universitas Harvard. Mereka mengamati dan membandingkan seorang atlet yang meminum minuman bersoda dan tidak meminumnya. Hasilnya, atlet yang rutin minum minuman bersoda mengalami patah tulang 5 kali lebih banyak daripada atlet yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda.
Selain membuat tulang rapuh ternyata asam fosfat ini juga meningkatkan kerusakan pada gigi dengan cara melarutkan kalsium gigi. Selain itu kandungan gula pada minuman bersoda juga turut meningkatkan kerusakan pada gigi. Selain masalah gigi, ternyata minuman bersoda juga pemicu timbulnya penyakit kanker pankreas.
Ternyata banyak sekali efek negatif dari minuman bersoda ini, jadi bagi yang sudah baca artikel ini diharapkan bisa mengurangi konsumsi minuman bersoda ini. Mari buat hidup lebih sehat dangan gaya hidup sehat.


Sumber 



Di comment atuh gan......
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dhealova - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger