Home » » Gangnam Style yang identik dengan Kuda Lumping

Gangnam Style yang identik dengan Kuda Lumping

 Gangnam Style yang identik dengan Kuda Lumping

dhealova88 -Tidak bisa dipungkiri, fenomena tarian Gangnam Style memang telah mendunia. Mulai dari anak sekolah di bangku SD, hingga pekerja kantoran, kebanyakan mereka kenal dengan gerakan tarian yang menyerupai koboi yang sedang mengendarai kuda tersebut.

Tarian Gangnam Style yang diperkenalkan Park Jae Sang asal Korea Selatan menjadi fenomenal ketika video klipnya diunggah ke Youtube. Sejak diunggah pada 16 Juli 2012, kini video berdurasi lima menit dua detik tersebut telah disaksikan lebih dari 35 juta kali.

Tentunya fenomena Gangnam Style ini belum tentu mendunia jika tidak ada campur tangan selebriti dunia dalam media sosial seperti Facebook dan Twitter dalam mempopulerkan tarian kocak ini.

Tercatat ada beberapa nama selebriti dunia yang ikut mempopulerkan tarian, yang menurut The Washington Post, telah membuat gerakan tari konyol yang luar biasa. Mereka di antaranya, penyanyi Robbie Williams, Josh Groban, Britney Spears, hingga Katy Perry.

Bahkan dalam akun Twitter miliknya, Britney menulis, "Saya CINTA video ini - sangat lucu! Saya mungkin harus mempelajari koreografinya. Adakah yang mau mengajari saya?".

Namun jika diperhatikan lebih seksama, tarian Gangnam Style ini serupa dengan kesenian asli Indonesia asal Jawa, yaitu tarian Kuda Lumping. Garis besar dari kedua tarian ini adalah, keduanya sama-sama menirukan gaya seseorang yang sedang menunggang kuda. Cuma bedanya, jika Gangnam Style tidak menggunakan properti sebagai pengganti kuda sungguhan, tarian Kuda Lumping menggunakan properti berupa kuda yang terbuat dari anyaman bambu, atau yang lazim disebut Kepang dalam masyarakat Jawa.

Satu lagi yang membuat kedua tarian ini serupa adalah adegan saat penari menggunakan senjata di tangannya. Jika di Gangnam Style, Psy menirukan koboi yang memegang tali laso, maka penari Kuda Lumping menggunakan cambuk. Bedanya, pada Kuda Lumping terdapat cambuk yang digunakan sebagai bagian dari atraksi. Sedangkan Gangnam Style hanya memutar-mutarkan tangan.

Mungkin perbedaan yang paling mendasar dari kedua tarian ini adalah keadaan si penari saat menari. Jika di Gangnam Style, penyanyi Psy menari dengan riang, serta diiringi dengan wanita-wanita cantik, pada Kuda Lumping, penarinya berada dalam kondisi kesurupan.



Sumber  


Di comment atuh gan......
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dhealova - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger