Home » » Ditemukan, Spesies Cerpelai Langka di Aceh

Ditemukan, Spesies Cerpelai Langka di Aceh

dhealova88 -

Sebuah temuan yang sangat mengejutkan terjadi pada sebuah sesi pelatihan singkat bagi komunitas penjaga hutan yang digelar oleh Fauna & Flora International (FFI) di Jantho Wildlife Reserve, Aceh.

Dalam workshop penggunaan kamera tersembunyi yang berlangsung selama tiga hari tersebut, tim peneliti justru berhasil menangkap foto mamalia yang tidak lazim dan tidak dikenal oleh para penjaga hutan lokal. Hewan seperti musang berwarna kuning keemasan itu berukuran lebih besar dari musang biasa. Ia lebih mirip cerpelai (Herpestes semitorquatus), namun dengan warna yang sangat langka.

Spesies ini sendiri sebelumnya memang pernah tercatat hadir di Sumatra, namun hanya beberapa kali terlihat. Oleh karena itu, oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN), ia dicatat sebagai data deficient, atau spesies yang belum dapat dipastikan statusnya, akibat sedikitnya data yang ada.

Di Kalimantan, hewan serupa ini biasanya memiliki bulu berwarna cokelat gelap. Namun, dari sebuah laporan terbaru yang dipublikasikan di Small Carnivore Conservation Journal, sejumlah peneliti menyebutkan bahwa pernah dijumpai adanya hewan dengan warna seperti hewan yang dijumpai di Aceh tersebut.

“FFI telah menggunakan kamera tersembunyi di Sumatra selama lebih dari satu dekade terakhir. Jika diakumulasikan, total tangkapan kamera-kamera yang terpasang telah mencapai ratusan ribu hari. Ironisnya, foto pertama dari cerpelai berwarna unik ini justru didapat saat kita melakukan workshop pelatihan singkat,” ucap Matthew Linkie sebagai Aceh Programme Manager FFI. Bukti-bukti baru ini semakin menambah jumlah spesies endemis langka yang tertangkap oleh kamera tersembunyi milik FFI di Sumatra. Sebelum ini, lembaga tersebut berhasil menangkap foto burung elang darat Sumatra

Sumber
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dhealova - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger